Mengenal Micro Controller Arduino

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengan kata "Arduino".

Arduino adalah sebuah platform open source pengendali micro yang memiliki dua komponen dasar, yaitu Hardware (Arduino Board atau biasa disebut micro controller) dan Software (Arduino IDE). Arduino dirancang untuk mempermudah penggunaan elektronika digital disemua bidang.

Arduino berawal dari sebuah thesis yang dibuat oleh Hernando Barragan, di institute Ivrea, Italia pada tahun 2005, kemudian dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles dan diberi nama Arduin of Ivrea. Lalu diganti nama menjadi Arduino yang dalam bahasa Italia berarti teman yang berani. (sumber)

Tujuan dari dibuatnya Arduino adalah untuk pengendali mikro perangkat elektronika yang mudah digunakan dengan biaya yang terbilang murah. Arduino ditujukan untuk para pelajar yang tidak memiliki latar belakang pendidikan elektronika dan pemrograman, namun ingin belajar tentang micro controller.

Arduino memiliki tiga elemen yang menjadi satu kesatuan, yaitu :


Arduino Board (Micro Controller)

Arduino Uno
Arduino Uno
Arduino Board adalah sebuah Micro Controller Arduino yang terdiri dari beberapa komponen elektronik dan didesain sedemikian rupa agar mudah dalam penggunaannya. Terdapat beberapa jenis Arduino Board di pasaran, mulai dari Arduino Board yang sederhana sampai Arduino Board yang mewah. Dikarenakan Arduino ini bersifat open source, maka tersedia skema dasar rangkaian Arduino Board yang dapat dimodifikasi sendiri.


Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman Arduino hampir sama dengan bahasa pemrograman C. Hanya saja bahasa pemrograman arduino lebih singkat dan terdapat library khusus serta file header sehingga mempermudah pengguna untuk memahami dan melakukan coding pada Arduino.


Arduino IDE

Arduino IDE
Arduino IDE

Arduino IDE (Integrated Development Environment) merupakan sebuah software bundling dengan Arduino Board yang berfungsi untuk memprogram hardware Arduino. Software ini memungkinkan kita untuk membuat program sesuai dengan yang kita inginkan dan kemudian menguploadnya kedalam micro controller menggunakan kabel usb untuk menghubungkannya dengan PC.

Demikian penjelasan tentang Arduino. Semoga bermanfaat..

Post a Comment for "Mengenal Micro Controller Arduino"