Belajar Arduino | Membuat Led Berkedip Menggunakan Arduino Uno

Hai temen-temen..

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat project led berkedip menggunakan micro controller Arduino Uno.

Untuk kalian yang belum tahu apa itu Arduino, kalian bisa membaca artikel yang saya posting sebelumnya yaitu Mengenal Microcontroller Arduino.

Project ini merupakan dasar untuk kita memulai belajar pemrograman Arduino, dimana kita akan mencoba menyalakan dan mematikan led yang terhubung dengan arduino uno.

Komponen-komponen yang perlu kita siapkan yaitu :
1. Arduino Uno
2. Breadboard
3. Kabel USB Type B standard
4. Laptop / Komputer
5. LED 5 mm x 1
6. Resistor 220 ohm x 1
7. Kabel Jumper Male to Male x 2

Sebelum memprogram Arduino, yang harus kita lakukan adalah merangkai komponen pada breadboard seperti pada gambar berikut ini.

LED Berkedip



Pada rangkaian tersebut, kaki positif led terhubung dengan resistor dan selanjutnya dihubungkan dengan Arduino di pin 13. Kemudian kaki negatif led dihubungkan dengan pin ground pada Arduino.

Jika komponen sudah terangkai dan terhubung dengan arduino, selanjutnya hubungkan Arduino Uno ke Laptop atau PC yang sudah terinstall software Arduino menggunakan kabel usb type b standard dan kita akan mulai memprogram Arduino menggunakan Software Arduino IDE. Jika kalian belum punya software ini, kalian bisa mendownloadnya disini atau disini. Kemudian kalian bisa mengcopy baris program dibawah ini dan pastekan di software Arduino IDE.

int lred = 13;

void setup() {

pinMode (lred, OUTPUT);

}

void loop() {

digitalWrite (lred, HIGH);
delay (1000);
digitalWrite (lred, LOW);
delay (1000);

}

Kalian juga bisa mengikuti cara membuat LED berkedip seperti video dibawah ini.



Demikian artikel tentang Belajar Arduino | Membuat LED Berkedip Menggunakan Arduino Uno, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Belajar Arduino | Membuat Led Berkedip Menggunakan Arduino Uno"