Sharing Pengalaman Menggunakan Sistem Operasi Linux | Ubuntu 16.04 LTS

Selamat hari minggu mas dan mbak..

Dihari minggu yang cerah ini, saya hanya sekedar ingin berbagi pengalaman pertama menggunakan sistem operasi yang maskotnya pinguin ini. Kurang kerjaan memang, tetapi apa salahnya kalau saya sekedar berbagi pengalaman ini. Barangkali ada diantara mas dan mbak sekalian yang punya pengalaman sama seperti saya, atau ada yang ingin ikutan berbagi pengalaman di postingan ini, silahkan berbagi melalui kolom komentar di bawah.

Logo Sistem Operasi Linux
Logo Sistem Operasi Linux

Pertama kali saya kenal dengan linux sekitar 7 tahun yang lalu, itu pun hanya perkenalan saja tanpa mempelajari tentang linux secara mendalam. Pada waktu itu, status saya sebagai siswa disalah satu lembaga kursus yang lumayan lah pada masanya (sekarang sudah tutup tempatnya, mungkin pindah atau memang sudah tidak beroperasi lagi). Kelas kursus yang saya ambil adalah kelas teknisi. Di kelas ini saya diajarkan tentang troubleshooting hardware dan software komputer, dan di kelas ini juga pertama kali saya dikenalkan dengan linux.

Sebenarnya sejak pertama kali mengenal linux, saya tertarik. Tapi, karena mayoritas user cinta mati dengan sistem operasi milik microsoft, mau tidak mau saya lupakan minat untuk mendalami linux dan lebih fokus dengan windows. (ngeles aja, padahal ya .. memang ngeles..)

Setelah sekian lama, akhirnya minat untuk menggunakan os linux muncul kembali dan alasan utama mengapa saya minat untuk menggunakan os linux adalah karena saya jadi korban film MR. ROBOT. (film yang itulah pokoknya.. hehe.. )
Dari sekian banyak distro linux, saya memilih menggunakan Ubuntu versi 16.04 LTS.

"Mengapa memilih ubuntu?" 

Karena saya belum tau apa-apa tentang linux, maka dari itu saya memilih menggunakan distro linuk yang sering dipakai banyak orang. Jadi, sewaktu nanti ada yang sulit dipahami, saya bisa lebih mudah untuk konsultasi dengan teman-teman sesama pengguna ubuntu.

"Apa kesan setelah menggunakan ubuntu?"

Karena ini baru pertamakali saya menggunakan ubuntu, ada beberapa hal yang sulit dipahami. Misalnya : Untuk mengganti background desktop saja ada triknya agar background tidak kembali seperti semula setelah direstart, hehe

Secara tampilan, karena saya sudah familier dengan windows maka menurut saya ubuntu lebih keren (mungkin karena dari dulu pakai windows, jadi sudah bosan dengan tampilan windows yang seperti itu).

Kemudian software yang ada di linux, rata-rata berjenis opensource, jadi tidak perlu fikir-fikir untuk aktivasi seperti kebanyakan software yang berjalan di windows.

"Kesimpulannya?"

Untuk sejauh ini, pengalaman menggunakan linux ubuntu 16.04 LTS cukup mengesankan karena banyak hal baru yang saya temukan di linux.

Penasaran ? cobain aja..


Demikian sedikit sharing pengalaman dari saya, dan terimakasih sudah berkunjung.


nb : Ini artikel pertama yang saya posting dengan sistem operasi linux, jangan bilang-bilang ya.. :D

Post a Comment for "Sharing Pengalaman Menggunakan Sistem Operasi Linux | Ubuntu 16.04 LTS"