Cara Modifikasi Jalur Antena External TP-LINK TL-WA5210G

Perangkat wireless keluaran TP-LINK yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan koneksi dengan jarak yang jauh dan kemampuan koneksinya cukup bagus walaupun terhalang pepohonan dan bangunan. Akan tetapi ada satu kelemahan dari TP-LINK TL-WA5210G ini, yaitu kualitas signal buruk jika memakai antena external dibandingkan dengan antena internal. Hal itu disebabkan karena jalur antena external di PCB TL-WA5210G ini terlalu panjang sehingga memperbesar kemungkinan loss signal sampai dengan 20dB.

Lalu bagaimana solusinya ?

Hanya ada satu cara, yaitu dengan memperpendek jalur antena external tersebut agar tetap menghasilkan kualitas signal yang bagus. Jika anda belum mahir dalam hal solder menyolder lebih baik minta bantuan tukang service elektronik.


Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membongkar TLWA5210G ini dengan cara melepas 2 baut di bagian bawah, biasanya baut sebelah kiri ditutup dengan segel dan baut sebelah kanan ditutup sticker.

Kemudian lepas chasingnya, maka akan terlihat pcb CPE TL-WA5210G ini.

Potong ujung kabel pigtail yang terhubung dengan antena vertikal (dekat jalur antena external) , kemudian putus jalur antena external yang terhubung dengan konektor rp-sma pada TL-WA5210G dengan cutter, sesuaikan dengan panjang kabel pigtail.

Kemudian solder kabel pigtail bagian tengah dengan jalur antena external yang terhubung dengan konektor rp-sma, dan bagian serat kabel (pembungkus) di solder dengan ground pcb atau dengan baut.

cpe,outdoor,accespoint,wireless,tplink
TP-LINK TL-WA5210g
setelah perubahan jalur antena external selesai, pasang kembali chasing TL-WA5210G kemudian lakukan setting pada antena aligment menjadi vertical.

Demikian Cara Modifikasi Jalur Antena External TP-LINK TL-WA5210G, semoga bermanfaat.

nb : proses yang sudah dilakukan dengan benar tidak menjamin penguatan signal seperti apa yang kita inginkan, tetapi paling tidak signal yang diperoleh akan lebih baik.


Post a Comment for "Cara Modifikasi Jalur Antena External TP-LINK TL-WA5210G"